Jumat, 15 Juni 2018

SYAIR SANG BUDDHA GOTAMA


.Setelah Buddha Amitabha membabarkan 48 Ikrar Agung, para Bodhisattva dari sepuluh penjuru semesta datang berkunjung ke Alam Sukhavati, membekali diri dengan bunga-bunga surgawi, dupa wangi dan jubah-jubah yang mulia untuk dipersembahkan kepada Buddha Amitabha, Mereka memainkan alat musik surgawi dan menyanyikan hymne pujian, memberi penghormatan dengan mengitari Buddha Amitabha sebanyak 3x dan bertekad agar suatu saat nanti Alam Buddha mereka pun bisa seindah Alam Sukhavati.

Sang Buddha Amitabha tersenyum penuh kewelasasihan, dari mulut Beliau terpancar berkas sinar tak terhitung jumlahnya, menerangi seluruh alam di sepuluh penjuru semesta.

Lalu Avalokitesvara Bodhisattva merapihkan jubahnya dan bersujud kepada Buddha Amitabha, bertanya kepada Beliau tentang maksud dari senyumNya, dengan penuh rasa hormat ia meminta penjelasan kepada Beliau.

Terdengarlah suara Buddha Amitabha, mengema bagaikan suara gemuruh di langit, dengan kualitas suara yang sangat sempurna Ia pun berkata ;
' Aku berkeinginan memberikan arahan kepada para Bodhisattva, biarlah Aku uraikan dengan jelas, dengarkanlah baik-baik !
Aku sangat menguasai sumpah yang diambil oleh para bodhisattva yang berdatangan dari sepuluh penjuru semesta itu, mereka melatih diri demi kesempurnaan Alam Buddha mereka sendiri nantinya, arahan yang kuberikan akan menuntun mereka untuk menjadi Buddha kelak. Dengan menyadari bahwa segala sesuatu adalah bagaikan mimpi, hanya ilusi, hanya sebuah gema, maka ia dapat memenuhi semua sumpah suci yang mereka ucapkan, untuk mewujudkan Alam Buddha masing-masing seperti Sukhavati ini. Menyadari bahwa segala sesuatu hanyalah seperti kilatan cahaya atau bayangan, Mereka akan berjuang dalam Jalur Ke-bodhisattva-an hingga selesai, menumpuk berbagai kebaikan-kebaikan tanpa kenal lelah, berkat arahanKu ini, mereka akan menjadi Buddha suatu hari nanti. Dengan menyadari sepenuhnya sifat asli dari segala sesuatu, kosong tanpa ada jati diri di dalamnya, mereka bertekad bulat melatih diri untuk mewujudkan Alam Buddha mereka, maka akan terwujudlah Alam Buddha mereka seperti Sukhavati ini.'

Para Buddha di manapun selalu menasehati para BodhisattvaNya, bersujudlah kepada Sang Buddha yang ada di Alam Sukhavati, " Dengarkanlah ajaranNya, resapi ajaranNya dengan gembira, dan praktekanlah, maka kalian akan segera mampu merealisasikan apa yang kalian niatkan !.

Jika kalian telah berada di Alam BuddhaNya, seketika itu pula kalian memperoleh kekuatan supranatural, berkat arahan-arahan dari Sang Buddha Amitabha, pastilah kalian akan mencapai Pencerahan Sempurna.

Berkat sumpah suci yang dipegang teguh oleh Buddha Amitabha, siapa saja yang mendengar tentang Beliau dan berniat lahir di Sukhavati, pasti akan terlahir di sana tanpa ada yang terkecualikan, dan dengan begitu mudahnya mereka mencapai tingkat Srotapanna. "

Demikianlah para Bodhisattva, jika kalian memiliki tekad sejati, maka kalian akan memiliki Alam Buddha seperti ini, dalam misi kalian menyelamatkan para mahluk, Nama kalian akan dikenal hingga ke sepuluh penjuru semesta.

Dalam melakukan sembah sujud kepada para Tathagata, kalian bisa menjelma dalam berbagai bentuk, lalu terbang ke Alam Suci Mereka, setelah bersujud kepada Mereka dengan batin penuh kebahagiaan, kalian bisa kembali lagi ke Alam Sukhavati.

(Sukhavati Vyuha Sutra)


*dicopas dari status FB yth Shangse Sukhavati Prajna, tgl : 18 Mei 2018.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar